Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Proyek Gila Amerika Selama Perang Dingin

5 Proyek Gila Amerika Selama Perang Dingin - Proyek adalah sebuah kegiatan yang bersifat sementara yang telah ditetapkan awal pekerjaannya dan waktu selesainya (dan biasanya selalu dibatasi oleh waktu, dan seringkali juga dibatasi oleh sumber pendanaan), untuk mencapai tujuan dan hasil yang spesifik dan unik, dan pada umumnya untuk menghasilkan sebuah perubahan. 
5 Proyek Gila Amerika Selama Perang Dingin

Kali ini ada 5 proyek-proyek gila selama perang dingin yang di buat oleh amerika walaupun ada yang tidak terleasisasikan. langsung saja berikut 5 Proyek Gila Amerika Selama Perang Dingin.

1. Project A119
Project A119
"A Study Of Lunar Research Flights" atau yang juga dikenal dengan nama Project A119 adalah proyek rahasia milik US Air Force pada tahun 1958. Tujuan utama proyek ini adalah meluncurkan dan meledakan bom nuklir di bulan untuk menjawab misteri pada bidang astronomi dan astro-geologi.


Sandainya bom nuklir meledak sebelum mencapai kawah bulan, cahaya yang diakibatkan oleh ledakan bom tersebut akan terlihat oleh mata telanjang/tanpa teleskop dari bumi. Tujuan proyek ini sebenarnya untuk meningkatkan rasa percaya diri dan pamer Amerika kepada Uni Soviet yang juga pada waktu itu,sedang bekerja pada proyek yang sejenis.


Tapi,pada akhirnya,proyek ini tidak pernah terealisasikan,karena pemerintah khawatir akan reaksi negatif dari masyarakat. Serta, pendaratan dibulan juga dipertimbangkan menjadi "achievement" yang lebih baik dimata penduduk Amerika dan dunia. Proyek yang sejenis milik Uni Soviet juga tidak pernah terealisasi.

2. Projek Blue Peacock
Projek Blue Peacock
Proyek ini adalah proyek rahasia milik Inggris selama masa perang dingin. Sekutu dekat Amerika ini, bertujuan menebar ranjau nuklir berdaya ledak sekitar 10 kiloton di Jerman. Inggris takut, Soviet akan bergerak ke wilayah sekutu,melewati batas Jerman Timur. Tapi proyek ini juga tidak direalisasikan,karena merugikan pihak sekutu, menebar nuklir diwilayahnya sendiri. 

Satu lagi peneliti menggunakan AYAM dan SELIMUT untuk menghangatkan ranjau yang ditanam pada tanah yang saat itu sedang musim dingin, guna mencegah ranjau menjadi beku dan gagal meledak.

3. Projek Star Gate

Projek Star Gate
"Stargate Project" (Proyek Stargate) Adalah nama sandi bagi unit tentara khusus Amerika yang dibentuk pada tahun 1978 di Fort Meade, Maryland oleh Defense Intelligence Agency (DIA) dan SRI International (sebuah institut penelitian nonprofit dari California) untuk meneliti kemampuan "Remote Viewing" atau melihat sesuatu dari jarak jauh menggunakan kekuatan otak, simpelnya "penerawangan." 

Proyek ini didasari pada kabar yang berhembus pada tahun 70'an bawah Uni Soviet memiliki unit khusus yang memiliki kemampuan serupa untuk tujuan intelijen. Unit khusus tentara Amerika ini tidak memiliki banyak personil, hanya sekitar 22 anggota. Unit ini akhirnya dibubarkan pada 1995 setelah CIA memutuskan bahwa unit khusus ini tidak memiliki manfaat pada bidang intelijen.

4. Operation Northwood
Operation Northwood
"Operation Northwood" Adalah salah satu rencana operasi militer yang digagas oleh Departement Of Defense (DoD) dan Join Chiefs Of Staff (JCS) Pemerintah Amerika Serikat pada tahun 1962. 

Rencananya, Operasi militer ini akan menyerang area publik Amerika Serikat agar seola-olah dilakukan oleh Kuba. Dan, Ini dapat menjadi alasan Amerika untuk berperang melawan Kuba yang waktu itu dipimpin oleh Fidel Castro. Tetapi,rencana ini ternyata ditolak oleh Presiden Kennedy.

5. Project Horizon
Project Horizon
"Project Horizon" adalah salah satu proyek militer Amerika untuk membangun pangkalan militer di Bulan. Proyek ini dicetuskan pada 8 Juni 1959, 10 tahun sebelum pendaratan manusia di bulan, oleh Army Ballistic Missile Agency (ABMA) . Tujuan proyek seharga 6 Miliar dollar Amerika ini bukan untuk penelitian, tapi untuk menunjukan bahwa Amerika adalah pemilik bulan. 

Pangkalan militer yang akan dibangun,rencananya akan ditempati oleh 12 orang tentara. Pangkalan ini nantinya juga akan dipersenjatai oleh nuklir portable dan ranjau. (jaman perang dingin kayanya serba pake nuklir ya ) Tetapi,pangkalan militer ini tidak pernah terwujud. 

Nah itu dia informasi tentang 5 Proyek Gila Amerika Selama Perang Dingin yang membuat kita tercengang, semoga postingan ini menambah wawasan. 

sumber : http://kask.us/idXPx

Post a Comment for "5 Proyek Gila Amerika Selama Perang Dingin"