Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Aman Memilih Powerbank Yang Berkualitas

Tips Aman Memilih Powerbank Yang Berkualitas - Powerbank adalah kata yang berasal dari bahasa Inggris yang berarti "Penyimpanan Daya". Yup, sebuah alat kecil yang mudah dibawa kemana-mana yang berfungsi untuk men-charge kembali gadget kita saat kehabisan daya, dimana kita berada dalam posisi jauh dari colokan listrik. 
Tips Aman Memilih Powerbank Yang Berkualitas
Alat ini bisa digunakan untuk mengisi ulang gadget dimanapun dan kapanpun kamu berada. Dilihat dari fungsinya, alat ini juga diberi nama Portable Charger atau Emergency Battery, meskipun kedua nama tersebut tidak begitu populer di Indonesia. 


Powerbank memiliki bermacam-macam kapasitas daya mulai dari 1600mAh, 1800mAh, 2600mAh, 3000mAh, dan seterusnya bahkan hingga 20000mAh. Penggunaannya cukup mudah. Kita cukup mengisi atau men-charge powerbank hingga penuh. Setelah itu, powerbank dapat digunakan untuk mengisi baterai gadget kita. Misalnya Android kita memiliki baterai berkapasitas 1500mAh. Jadi powerbank berkapasitas 3000mAh dapat mengisi baterai hingga dua kali charge. 

Naah berikut ini adalah Tips-tips untuk memilih powerbank yang aman dan berkualitas untuk gadget Anda.

Merk
Googling dan cari tau dulu tentang perusahaan yang memproduksi powerbank yang akan kita beli. Apa sudah ahli dibidang battery atau belum. Jika sudah, itu merupakan nilai plus suatu powerbank. Saya sebutkan beberapa merk yang terpercaya sebagai berikut : Panasonic, Sony,Sanyo, Philips, Ubox, Vivan dan lain-lain.

Kualitas 
Kualitas sebuah powerbank bukan hanya akan menentukan kinerja dari powerbank itu sendiri, khususnya seberapa cepat dan akurat pengisian energi yang diberikannya, namun juga akan mempengaruhi gadget yang akan kita cas. Jika sembarangan, bukannya gadget kita akan terisi, namun justru dapat merusak daya tampung baterai gadget kita sendiri.

Output
Banyak merk powerbank yang arus outputnya tidak real (output yang tertera di box belum tentu menjamin output yang real), sehingga waktu pengisian gadget menjadi lama. bahkan, gadget bisa rusak jika daya yang dikeluarkan jauh lebih besar dibandingkan dengan yang seharusnya diterima oleh baterai ponsel. 

Dengan daya besar serta output melebihi kapasitas, tentu saja pengisian akan jauh lebih cepat, tapi jika dilakukan terus-menerus, hal ini dapat merusak baterai. Daya tahan baterai pun akan cepat berkurang dan gampang ngedrop. 

Dampaknya biasanya tidak seketika, tapi melalui proses yang bertahap. Misalnya saja baterai original Android agan yang normalnya bisa dipakai 2 tahun bisa ngedrop pada tahun pertama karena sering diisi dengan powerbank kualitas rendah. 

Kapasitas 
Kapasitas akan menentukan seberapa kali powerbank tersebut dapat kita manfaatkan untuk mengisi baterai gadget kita. Tentu powerbank dengan kapasitas yang real, output yang real dan sesuai dengan kebutuhan kita. 

Seperti yang sudah saya sebutkan di awal tulisan ini bahwa ada bermacam-macam kapasitas powerbank mulai dari 1600mAh sampai 20000mAh. Belilah yang sesuai dengan kebutuhan.

Safety Protection 
Safety protection pada powerbank harus diperhatikan, jika tidak maka akan berakibat fatal untuk gadget kamu. Kira-kira safety protection yang harus dimiliki power bank kamu adalah sebagai berikut : 
- Short Circuit Protection : Berguna untuk melindungi gadget kamu jika terjadi arus pendek, sehingga jika terjadi arus pendek, baik powerbank ataupun gadget kamu terhindar dari kerusakan, maka itu saya sarankan untuk memakai kabel data bawaan/ original gadget/ handphone. 
- Over Charge Protection : Melindungi gadget kamu dari kerusakan bila di charge terlalu lama, misal di charge semalaman ditinggal tidur. Fitur ini akan otomatis mematikan arus listrik jika baterai gadget sudah terisi penuh. 
- Over Current Protection 
- Over Voltage Protection 
- Temperature Protection : Fitur ini akan mendeteksi adanya panas yang berlebih saat pengisian baterai.

Fitur 
Powerbank yang ada di pasaran saat ini memiliki fitur-fitur tambahan. Contohnya powerbank yang ada lampu senter-nya, bisa WIFI, ada kipas angin mini-nya, dll. Saya rasa itu tidak terlalu penting, sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu.

Colokan / Konektor
Powerbank yang beredar di pasaran ada yang menyediakan berbagai jenis konektor. Nah perlu kamu ketahui juga bahwa konektor tersebut dapat membuat gadget kamu rusak atau memperpendek umur gadget dan baterai kamu. 


Sebaiknya sih pakai aja kabel data bawaan gadget kamu karena itu lebih bagus dan mengeluarkan daya output yang stabil dibandingkan konektor yang tersedia oleh powerbank.

Garansi

Carilah powerbank yang memberikan garansi minimum 6 bulan. Karena garansi itu mencerminkan tingkat validitas dan keseriusan suatu brand.

Harga
Ada Harga ada kualitas. Jangan tergiur dengan kapasitas yang besar dengan harga yang murah. powerbank yang berkualitas, sudah diakui, dan terjamin bagus biasanya seharhga Rp300.000 - Rp500.000. Jadi jangan tertipu dengan harga murah yang menjanjikan kapasitas besar

Gunakan powerbank seperlunya saja. Kalau kamu masih terhubung dengan listrik, maka gunakanlah charger asli gadget kamu untuk pengisian baterai. Jangan terlalu sering menggunakan powerbank apabila tidak dalam keadaan darurat. Karena instensitas penggunaan powerbank juga dapat mempengaruhi kinerja powerbank itu sendiri.  Cukup sekian postingan kali ini semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Tips Aman Memilih Powerbank Yang Berkualitas"