Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Agar Tidak Terkantuk-kantuk di Pagi Hari

Djemzware - Tidak mudah untuk mengusir rasa kantuk di pagi hari, apalagi setelah Anda begadang menyelesaikan pekerjaan hingga larut malam. Sebisa mungkin minimalkan aktivitas di malam hari agar Anda tidak terlalu kelelahan di pagi hari dan dapat mengusir kantuk dengan mudah.



Tidur yang baik dan rutinitas pagi yang menyegarkan tubuh dapat membuat hari Anda lebih bersemangat dan berenergi. Seperti dilansirReader's Digest, lakukan 6 kebiasaan ini di pagi hari agar Anda tidak terkantuk-kantuk ketika berangkat kerja, yakni:

1. Biarkan sinar matahari masuk ke dalam kamar
Biarkan tirai jendela kamar Anda setengah terbuka ketika akan pergi tidur, sengan begitu cahaya matahari terbit akan mengenai Anda dan mengirimkan sinyal ke otak untuk memperlambat produksi melatonin dan meningkatkan produksi adrenalin, suatu sinyal bahwa sudah waktunya untuk bangun.

Sehingga ketika alarm berbunyi, Anda telah berada dalam keadaan setengah terjaga. Tidurlah lebih awal sehingga ketika sinar matahari pagi membangunkan Anda, waktu tidur Anda telah mencapai 7 jam seperti yang direkomendasikan. Jika Anda dapat mempertahankan rutinitas ini, jam bilologis Anda mungkin akan dapat bekerja dengan lebih baik daripada jam alarm.

2. Setel alarm 15 menit lebih awal
Dengan cara ini, Anda tidak perlu tergesa-gesa bangun dari tempat tidur karena terlambat memulai rutinitas pagi dan dapat beranjak bangun secara perlahan-lahan. Hal ini penting untuk membuat fisik dan mental Anda siap menjalani hari.

3. Peregangan badan sambil membuka mata
Cobalah untuk meregangkan badan selama 15 menit di tempat tidur bahkan sebelum Anda membuka mata. Angkat lengan Anda dan mulailah dengan meregangkan jari-jari, tangan, pergelangan tangan, dan lengan Anda. Lalu lanjutkan ke bagian tubuh lain seperti jari kaki, kaki, pergelangan kaki, dan kaki.

Akhiri dengan peregangan leher dan punggung yang mendorong Anda bangkit dari tempat tidur. Hal ini dapat meregangkan otot dan sendi serta meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh agar seluruh jaringan tubuh mendapatkan oksigen dan siap bangun.

4. Mengambil vitamin A
Minum vitamin A dapat membuat Anda lebih bersemangat dan menjalani hari dengan penuh energi.

5. Persiapkan keperluan Anda sejak malam hari
Agar pagi hari Anda lebih santai, persiapkan dan putuskan segala suatu yang Anda perlukan di pagi hari sejak malam, misalnya pakaian apa yang akan Anda pakai, sarapan dengan apa, rute mana yang akan Anda tempuh untuk pergi bekerja, dan sebagainya.

6. Menyeduh kopi
Kafein dalam kopi adalah stimulan sistem saraf pusat yang merangsang amfetamin, membangunkan Anda dan meningkatkan aktivitas otot. Sebuah studi bahkan menemukan bahwa kafein dapat meningkatkan kebahagiaan, ketenangan, dan lebih waspada.


semoga bermamfaat :)

sumber : http://health.detik.com/

Post a Comment for "Cara Agar Tidak Terkantuk-kantuk di Pagi Hari"