Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Bahaya Minuman Bersoda Bagi Kesehatan

Inilah Bahaya Minuman Bersoda Bagi Kesehatan | Mudah-mudahan Anda tidak suka konsumsi minuman bersoda. Akan tetapi jika ada teman dan saudara kita yang tergila-gila dengan minuman jenis ini, maka sampaikanlah dosa-dosa minuman bersoda berikut ini pada mereka. 

Inilah Bahaya Minuman Bersoda Bagi Kesehatan
Menurut International Journal of Clinical Practice, ada beberapa efek yang berbahaya bagi tubuh jika sudah kecanduan soda. 

Berikut adalah beberapa alasan untuk berhenti minum soda:

1. Dalam 1 kaleng minuman soda bisa mengandung hingga 12 sendok teh gula, hal ini bisa memicu diabetes gestasional pada ibu hamil. Untuk anak maupun orang dewasa, obesitas dapat muncul dengan mudah karena kandungan gula minuman bersoda sangat tinggi.

2. Adanya pemanis dan pewarna buatan dalam minuman berkarbonasi akan menimbulkan efek kerusakan ginjal.
3. Efek pada gigi adalah pembusukan pada gigi seperti seorang pengguna narkoba jenis kokain. Komponen asam dari soda memiliki efek merusak pada email gigi dan membuat gigi lebih rentan terhadap kerusakan.

4. Dalam 600 ml minuman bersoda terkandung 250 kalori yang tidak bernutrisi, hanya ada gula dan kafein. Soda tidak memiliki nilai gizi lain selain kalori dan kadar gula yang tinggi. Sehingga tidak mengherankan jika penggemar soda yang paling rentan mengalami kenaikan berat badan dan cenderung menjadi gemuk.
5. Kandungan kafein dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti susah tidur, jantung berdebar serta darah rendah

6. Buat pria, bahaya minuman bersoda adalah menurunnya jumlah serta kualitas sperma yang dihasilkan.

7. Kadar asam fosfat yang tinggi dalam minuman soda dapat menyebabkan tulang menjadi rapuh. Kandungan asam fosfat dalam soda yang menyebabkan sensasi kesegaran ternyata dapat mengurangi kepadatan tulang, jika minuman ringan ini dikonsumsi terus menerus, maka tulang akan menjadi lebih rentan dan membentuk lubang seperti pori-pori. Mengalami penurunan kepadatan tulang akan memicu risiko radang sendi dan osteoporosis.
8. Menyebabkan daya tahan tubuh menurun sehingga mudah sakit karena bakteri dan virus dapat berkembang

9. Bahaya kecanduan minuman bersoda karena tidak akan mudah meninggalkan minuman ini. Menghentikan kebiasaan minum soda menjadi tidak mudah karena kandungan kafein tinggi menyebabkan kecanduan.

10. Soda adalah diuretik yang meningkatkan produksi urin. Sifat diuretik ini membuat cairan di dalam tubuh banyak keluar melalui urin, jika tidak diimbangi dengan minum air putih dapat menyebabkan hilangnya cairan tubuh atau dehidrasi.

11. Minum minuman bersoda dalam jangka panjang dapat menyebabkan erosi pada lapisan perut yang dapat memicu masalah pencernaan seperti perut mulas, kembung gas dan lainnya.

12. Kandungan natrium pada soda tidak baik untuk kesehatan jantung. Bukti dari penelitian ini menunjukkan bahwa minum soda terlalu banyak dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal dan jantung juga.

13. Mengonsumsi minuman soda terus menerus juga dapat menyebabkan risiko kesehatan lainnya seperti diabetes tipe 2 karena kadar gula tinggi, memberikan efek kafein yang dikandungnya, seperti insomnia, tekanan darah tinggi dan denyut jantung tidak teratur.

Nah itu dia sedikit penjelasan tentang Bahaya Minuman Bersoda Bagi Kesehatan Tubuh kita. Semoga artikel kali ini bermamfaat dan baca juga Cara Mudah dan Cepat Postingan Terindex Google.

2 comments for "Inilah Bahaya Minuman Bersoda Bagi Kesehatan"

- Komentar harus sesuai topik, tidak OOT !
- Komentar bersifat promosi, langsung Saya hapus !
- Jangan meletakkan link aktif pada komentar, karena itu spam !
- Tolong beritahukan Saya jika ada link, gambar, dll yang rusak !
- Terima Kasih