Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Fakta Menarik Tentang Donal Bebek

Djemzware | Donal Bebek adalah salah satu karakter Disney yang merupakan seekor bebek yang sering ditampilkan mengenakan baju pelaut biru / kelasi tanpa celana. Donal tampil pertama kali pada tanggal 9 Juni 1934 dalam kartun "The Wise Little Hen".

Donal Bebek
Menurut kartun Donald Gets Drafted (1942), nama lengkap Donal Bebek adalah Donald Fauntleroy Duck (nama tengahnya merupakan referensi untuk topi pelautnya yang merupakan aksesoris untuk baju Fauntleroy). Situs Disney juga menyatakan bahwa namanya adalah Donald Fauntleroy Duck dan sebuah episode dalam film Quack Pack juga menyatakan hal yang sama. 

Karakter Donal dengan suara khasnya merupakan hasil kerja dari pengisi suaranya, yaitu Clarence "Ducky" Nash. Karyanya inilah yang berhasil mengangkat Donal dan tertanam pada pemirsanya sebagai karakter dengan ciri khas yang unik.

Sifat Donal yang paling terkenal adalah sifatnya yang mudah marah. Dia juga sering dipecat dan berganti-ganti pekerjaan, namun itu menunjukan bahwa dia lebih terampil dari karakter Disney lain karena dapat bekerja hampir di segala bidang.


1. Donal Menjadi Maskot
 
1. Donal Menjadi Maskot
Donal menjadi maskot di Skuadron Petarung ke-309 Army Air Corps, dan United States Coast Guard Auxiliary yang menunjukan Donal sebagai bajak laut yang siap untuk mempertahankan pantai Amerika Serikat dari para penyerang. Donal juga muncul sebagai maskot dari Skuadron Petarung ke-415, Skuadron Petarung ke-438, Skuadron Pembombardir ke-479, Pembombardir ke-531.

2. Pengisi Suara Donal Bebek

Clarence "Ducky" Nash
Sejak pertama kali muncul sampai sekarang, hanya ada dua orang yang menjadi pengisi suara asli Donald Bebek, yakni Clarence "Ducky" Nash dari tahun 1934 hingga 1985 dan Tony Anselmo yang di latih oleh Nash untuk mengisi suara Donal Bebek sejak tahun 1985 hingga sekarang.
 
3. Donal Bebek Dilarang di Finlandia
Donal Bebek Dilarang di Finlandia
Finlandia adalah negara yang paling ketat akan perfilman karena warganya takut berpengaruh pada anak-anak di sana,salah satu film yang dilarang adalah donald bebek, berikut 3 alasan mengapa donal bebek dilarang di finlandia :
1. donal bebek tidak pernah memakai celana, menurut aturan di sana jika memakai baju harus pakai celana juga.
2. donal bebek tidak pernah memperhatikan 3 keponakannya.
3. donal bebek tidak pernah menikah dengan desy pacarnya,karena menurut mereka tidak menikah berarti tidak menghormati agama.

4. Donal Masuk Wall Of Fame di Hollywood

4. Donal Masuk Wall Of Fame di Hollywood
Pada tahun 2004, Donal masuk kedalam jajaran Hollywood Walk of Fame di 6840 Hollywood Blvd dan bergabung dengan karakter lainnya seperti Micky Mouse, Bugs Bunny, Woody Woodpecker, The Simpsons, Winnie the Pooh, Kermit, Godzilla dan Putri Salju.

5. Donal Bebek resmi tercatat sebagai tentara di U.S ARMY.

Donal Bebek resmi tercatat sebagai tentara di U.S ARMY.
Pada tahun 1984, selama perayaan ulang tahun ke-50 Donal, US Army mengangkat Donal menjadi sersan karena filmnya yang menghibur para tentara Amerika selama Perang Dunia II. Upacara untuk Donal sama dengan upacara pengangkatan militer lainnya, Donal mengenakan seragam militer dan menerima sertifikat serta lencana sersan, setelah itu ia memeluk Desi Bebek dalam kegembiraan.

6. Donal Bebek di larang di berbagai negara yang di kuasai Jerman

Donal Bebek di larang di berbagai negara yang di kuasai Jerman
Donald Bebek pernah menjadi film propaganda pada masa Perang Dunia II, dalam serial berjudul “Der Fuehrer Face”. Dikisahkan Donald menjadi seorang tentara Nazi Jerman yang bekerja di industri Altileri Jerman. 

Hidupnya sangat menderita karena ia harus bekerja dengan waktu yang panjang serta jumlah makanan yang kurang memadai. Selain itu ia juga harus berkata “Hail Hitelr” dan memperagakan hormat ala Nazi setiap melihat foto Adolf Hitler. 

Karena dianggap menyinggung pemimpin Nazi Jerman Adolf Hitler, pada masa Perang Dunia II kartun Donald Bebek dan animasi lain buatan Disney dilarang masuk ke beberapa negara Eropa yang dikuasai Jerman.

7. Anak anak Italia protes

Anak anak Italia protes
Pada tahun 1960’an banyak anak-anak di Italia yang memprotes karena Donald Bebek selalu dikisahkan menjadi seorang pecundang. Itulah sebabnya pernah muncul cerita tentang Donald Bebek yang menjadi pahlawan super, semacam Superman.

8. Film Inception terinspirasi dari komik Donal Bebek
Film Inception terinspirasi dari komik Donal Bebek
Inception merupakan salah satu film terbaik yang pernah dibuat. Film yang dibintangi oleh Leonardo Di Caprio ini membuat banyak para kritikus dan penonton seringkali bertanya dari manakah ide awal film tersebut. 

Tapi tahukah Anda bahwa sebenarnya 8 tahun yang lalu, komik Donal Bebek telah menemukan ide mengenai film Inception tersebut, bahkan beberapa adegan dalam komik tersebut mirip dengan film Inception.

Dalam komik Donal Bebek yang berjudul "Uncle Scrooge : In The Dream of a Lifetime" menceritakan Gerombolan Siberat yang berperan sebagai pencuri mimpi dimana mereka masuk ke dalam mimpi Paman Gober untuk mengetahui kode rahasia dari brankasnya. 

Setelah masuk ke dalam mimpi Paman Gober, Gerombolan Siberat bingung antara mimpi dan realita, sehingga mereka harus membawa benda khusus (dalam film Inception, benda ini dinamai totem). 

Beberapa kesamaan lainnya, cerita cinta Paman Gober dan Goldie yang mirip dengan Cobb dan Mal dalam film Inception. Metode yang digunakan juga sama ketika dalam dunia mimpi seperti menggunakan “Kick” untuk menngeluarkan seseorang dari mimpi, jika mati akan terperangkap dalam mimpi tersebut, dsb.
 
9. Komik Donal Bebek Menginspirasi Film Indiana Jones

Indiana Jones merupakan salah satu film masterpiece yang diproduseri oleh Steven Spielberg, sehingga jika Anda menyukai film-film Indiana Jones, berterima kasihlah pada komik Donal Bebek. Mengapa? karena dalam film Indiana Jones : Raiders dari Lost Ark, secara terbuka Spielberg dan Lucas mengaku terinspirasi dari komik Donal Bebek dalam beberapa adegannya.

Spielberg mengakui bahwa adegan ketika Indy mencuri reliq yang kemudian dikejar oleh batuan besar, didapatnya dari komik Donal yang berjudul "Uncle Scrooge : The Seven Cities of Cibola", sedangkan Lucas yang menggarap adegan ketika Indy dikejar oleh suku setempat, terinspirasi dari komik Donal yang berjudul The Prize of Pizarro. Jadi, sudah sepatutnya Donal juga mendapatkan piala Oscar sama seperti Steven Spielberg.
 

10. Donal Penemu Metode Mengangkat Kapal yang Tenggelam

Bagaimana jika komik mengalahkan seorang ilmuwan? Pada tahun 1964, sebuah kapal barang terbalik di lepas pantai Kuwait, menyebabkan masalah, karena kapal tersebut berisi 5.000 domba yang tenggelam dan membusuk di dekat area air minum Kuwait dan membahayakan konsumsi air Kuwait. 

Jadi seorang ilmuwan asal Denmark, Karl Kroyer, merancang sebuah teknik untuk mengangkat kapal tersebut dengan cara mengisi kapal yang tenggelam dengan bola apung kecil yang disuntikkan melalui tabung. Daya apung gabungan dari bola tersebut membuat kapal itu muncul ke permukaan. Butuh 27.000 bola untuk mengangkat kapal itu.

Lantas apa hubungannya dengan komik Donal? ketika Kroyer ingin mempatenkan idenya tersebut di kantor paten Jerman, Inggris dan Belanda, di 2 kantor paten dia berhasil mempatenkannya, namun ketika di kantor paten Belanda, dia ditolak, mereka mengatakan ia mencuri ide dari Donal. 


Pada tahun 1949, 15 tahun sebelum Kroyer membuat metodenya tersebut, Carl Barks (penulis Donal Bebek) menulis cerita berjudul “The Sunken Yacht” yang menunjukkan Donal sedang berusaha keras untuk menemukan cara mudah untuk menaikkan kapal Paman Gober yang tenggelam dari dasar laut. Solusi keponakannya adalah untuk menurunkan selang dari permukaan, kemudian dipompa penuh dengan isi bola pingpong. Jadi konsepnya sama dengan apa yang dilakukan Kroyer.

11. Donal Menemukan Molekul Baru 20 Tahun Sebelum Ilmu Pengetahuan Menemukannya


Donal Bebek dan penulisnya, Carl Bark, telah memberikan kontribusi yang luar biasa kepada ilmu pengetahuan, sehingga universitas Cornell menamai asteroid dengan namanya, hal ini setelah sebuah jurnal ilmiah menerbitkan komiknya yang berjudul “The Mad Chemist”. 

Dalam komik tersebut diceritakan Donal yang membantu keponakannya dalam tugas kimia terbentur dan menciptakan formula yang diberi nama "Duckmite". Itu hanyalah sebuah komik sampai 20 tahun kemudian Disney menerima surat dari Joseph B. Lambert di Institut Teknologi California, yang menginformasikan bahwa komik Donal yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah "The Spin States of Carbenes" menjadi rujukan dalam menemukan sebuah molekul baru yang bernama Methylene.

Rupanya komik Donal Bebek yang dibuat oleh Carl Bark secara tidak sengaja menemukan Methylene yang digambarkan sebagai CH2, hampir 20 tahun sebelum ilmu pengetahuan bisa membuktikan eksistensinya. Anehnya, hal ini tidak diketahui Disney, melainkan seorang ilmuwan bernama Dr. Gaspar yang juga penggemar komik Donal Bebek.


Bahkan gilanya, setahun kemudian Disney mendapat surat dari ilmuwan Harvard yang memberi tahu bahwa Donal tidak hanya menemukan Methylene, tapi juga berhasil menggunakan Methylene yang bisa bereaksi dengan zat lain.
 

12. Paman Gober Menciptakan Manga
Paman Gober Menciptakan Manga
Carl Barks adalah seorang penulis paling produktif dalam membuat komik Donal. Dia bertanggung jawab untuk 4 dari 5 entri dalam daftar ini. Tetapi mungkin kontribusi Bark terbesar adalah pengaruh karakter ciptaannya Paman Gober pada Osamu Tezuka. 

Tezuka adalah mangaka yang menciptakan anime Astro Boy dan Kimba The White Lion, dan dia juga dijuluki sebagai "Bapa Manga" atau "The Godfather of Anime". Pekerjaan Tezuka pada dasarnya menciptakan manga setelah Perang Dunia II, yang pada akhirnya menginspirasi munculnya anime.

Tezuka sendiri mengatakan bahwa ia berhutang semua ini tidak lain pada Paman Gober. Seluruh gaya artistik Tezuka, seperti mata yang imut dan mulut yang kecil kini menjadi ciri dari gaya animasi Jepang. 


Karyanya kini menjadi dasar bagi semua manga, Tezuka telah mengkonfirmasi bahwa dasar untuk karyanya adalah Paman Gober dan Miki Tikus. Walaupun begitu, kedua kartunis ini tidak pernah bertemu, namun Tezuka sempat mengirimi ucapan selamat kepada Bark sebagai rasa terima kasihnya yang telah memberikannya inspirasi.

Nah itu dia postingan tentang 12 Fakta Menarik Tentang Donal Bebek, semoga bermanfaat.

source : kaskus

Post a Comment for "12 Fakta Menarik Tentang Donal Bebek"